Selasa, 30 Juni 2009

Konsep Indonesia

Pemikiran Amien Rais, tentang kemungkinan pada masa yang akan datang negara Indonesia menjadi negara federasi muncul setelah melihat adanya ancaman disintegrasi yang terjadi akibat dari system pemerintahan negara kesatuan yang sentralistis. Selanjutnya dikatakan bahwa dialog negara federasi sebagai alternative negara kesatuan menunjukkan bahwa sesungguhnya nasionalisme suatu bangsa tidak harus terpecah hanya kerena Negara berganti wajah.
Federalisme untuk Indonesia masih relevan namun sudah “kebablasan” yaitu otonomi yang melibihi federalisme. Karena desentralisasi saat ini memberikan otonomi sampai ketingkat kabupaten/kota bukan pada provinsi. Jadi merupakan suatu hal yang kuno membicarakan federal jika ditempatkan dalam konteks saat ini di Indonesia, karena di dalam undang – undang dasar sudah dikunci tepatnya dalam pasal 37 ayat 5 yang menyatakan bahwa ”Tentang bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak dapat dilakukan perubahan”.
Indonesia ingin dijadikan Negara islam oleh sekelompok tertentu mungkin di latar belakangi dengan alasan peradaban islam lebih modern dari peradaban manapun, Peradaban dalam Islam, dapat ditelusuri dari sejarah kehidupan Rasulullah, para sahabat (Khulafaur Rasyidin),dan sejarah kekhalifahan Islam sampai kehidupan umat Islam sekarang. Islam yang di wahyukan kepada Nabi Muhammad saw telah membawa bangsa arab yang semula terbelakang, bodoh, tidak terkenal, dan di abaikan oleh bangsa-bangsa lain, menjadi bangsa yang maju. Bahkan kemajuan Barat pada mulanya bersumber pada peradaban islam yang masuk ke eropa melalui spanyol. Dimana pada masa dinasti abbasiyah, Harun Ar rasyid khalifah abbasiyah mendukung ilmu pengetahuan, sains dan filsafat yang semua itu berkembang dimasa dinasti abbasiyah.
Mungkin juga dilatar belakangi oleh system ekonomi, dimana system ekonomi kapitalis menggunakan Riba/ Bunga, dimana pemilik modal makin kaya, sementara yang miskin makin terjepit. System ekonomi islam tidak mengenal riba/bunga melainkan system bagi hasil, dimana mengutungkan kedua belah pihak, dalam ekonomi islam juga dikenal dengan mata uang dinar(emas) dan dirham(perak), dimana nilai tukar mata uang tersebut lebih stabil. Di masa islam, baik dizaman Rasullah Saw, umar bin khattab dan utsman bin Affan maupun zaman ddinasti umayah tidak pernah terjadi resesi ekonomi, disebabkan kebijakan keuangan islam selalu terkait sector rill perekonomian yaitu perdagangan.
Piagam Jakarta (Pj) mengalami perjalanan panjang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pada tanggal 18 Agustus 1945, tujuh kata dalam Pj “ dengan kewajiban menjalankan syari’at islam bagi pemeluk-pemeluk islam” dicoret atas dasar kesepakatan tokoh islam dengan Bung Hatta. Substansi Pj diperjuangkan kembali dalam majelis konstituante dan kemudian Bung Karno mengeluarkan dekrit 5 juli 1959 yang memberlakukan kembali UUD 1945 yang mengangkat kembali Pj.
Terjadi perdebatan antar tokoh pendukung Pj dengan penentangnya tentang posisi Pj pasca dekrit 5 juli 1959.lau muncul lagi setelah partai-partai islam di dirikan Pada era reformasi. Pada SU MPR 2001 menunjukan bahwa pendukung Pj dalam MPR jauh dibawah pendukungan dalam konstituante. Karena semua tokoh parpol dan ormas islam sudah menerima pancasila, apabila kita tidak setuju berarti kita melawan banyak para tokoh parpol dan ormas islam yang lebih mengetahui akar pemasalahannya. Dengan ditolak piagam jakarta sudah jelas Negara islam juga harus ditolak .
Indonesia adalah Negara kesatuan, dilihat dari sejarah tentang Indonesia memang Indonesia berupa Negara kesatuan. Pergerakan Indonesia / organisasi pertama di belanda ,Indischevereniging di dirikan pada tahun 1908, beberapa bulan kemudian organisasi Budi utomo menyusul berdiri di tanah air, lalu diikuti pula pergerakan rakyat di tanah air seperti sarikat islam,nationale indische partij, sarikat sumatera, paguyuban pasundan, sarikat ambon, dan ikut juga berdiri pergerakan muda seperti jong sumateranen bond, jong minahasa, jong ambon. Pada akhir 1917 semulanya Indische vereniging merupakan perkumpulan untuk bertemu antar pemuda yang berasal dari hindia belanda, lalu tujuan dari indsche vereeniging berubah menjadi memajukan kepentingan bersama orang-orang hindia belanda di Nederland dan mengadakan perhubungan dengan Hindia Belanda. Selain dari memajukan kepentingan bersama ditambah pula menanamkan rasa bersatu antar pemuda-pemuda Hindia yang belajar di Nederland.
Tidak lama terjadinya masalah antara perhimpunan indonesia dengan pemerintah belanda ,terjadilah sumpah pemuda pada 28 oktober 1928.isi dari sumpah pemuda adalah bertanah air satu,berbangsa satu, dan berbahasa persatuan . sumpah pemuda hasil dari perjuang poltik yang dirintis oleh perhimpunan indonesia.setelah sumpah pemuda pergerakan daerah dan gerakan orang tua seperti budi utomo,sarikat Sumatra,sarikat ambon dan lain-lain semuanya bubar berangsur-angsur. Indonesia tetaplah Negara kesatuan karena didalam undang-undang dasar pasal 37 ayat 5 yang menyatakan bahwa ”Tentang bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak dapat dilakukan perubahan”.

Tidak ada komentar: